Tips menyimpan buah-buahan

Sumber : wrm-indonesia.org

Ada beberapa jenis buah-buahan yang tidak dapat disimpan di dalam kulkas, contohnya mangga, alpukat dan pisang. Hindari juga pemakaian alumunium foil untuk menyimpan buah/sayuran yang mengandung acidic atau asam, contohnya irisan tomat, lemon atau pun kol. Alumunium foil akan mempengaruhi cita rasa.

Sayuran yang dapat menjadi matang lebih cepat adalah, brokoli, kembang kol dan wortel, oleh sebab itu sayuran ini harus disimpan secara terpisah.

Berikut adalah beberapa seputar cara penyimpanan dan tips aneka buah-buahan.

Apel: Untuk menyimpan buah apel yang sarat akan manfaat, pastikan apel disimpan dalam lemari pendingin. Apel berkualitas sangat baik dapat tahan disimpan dalam lemari pendingin sampai 6 minggu.

Alpukat: Dalam keadaan belum matang dan keras, buah alpukat yang dapat diolah menjadi jus dingin yang lezat, campuran pada salad mau pun masakan lainnya dapat disimpan di dalam wadah pada suhu ruang. Hindari menyimpan alpukat di dalam lemari pendingin karena tidak akan terjadi proses pematangan. Jika ingin mempercepat proses pematangan, masukan buah alpukat ke dalam kantong yang terbuat dari kertas dan bungkus bersama dengan satu buah apel/pisang mau pun buah pir yang dapat memberikan gas ethylene. Buah alpukat yang sudah matang, dapat disimpan dalam lemari es dan dapat bertahan hingga 1 minggu.

Pisang: Buah hati anda sudah mulai mengkonsumsi pisang ? Pisang sebaiknya disimpan pada suhu ruang karena jika disimpan dalam lemari es, pisang tidak dapat menjadi matang dan kulitnya akan berubah warnanya menjadi kehitaman. Pisang yang sudah matang dapat disimpan selama 1-2 hari agar tidak menjadi busuk, walau rasanya akan sedikit berubah dan kulitnya akan menjadi hitam tetapi bagian dalamnya tetap putih dan bagian teksturnya tetap kencang.

Anggur: Sebelum menyimpan, buang semua bagian yang kulitnya telah rusak, atau pun sudah terlalu matang. Cuci anggur di bawah keran air dan keringkan dengan menggunakan tisu dapur untuk menyerap sisa air. Angin-angini sebentar lalu masukan ke dalam lemari pendingin dan dapat bertahan kira-kira satu minggu hingga 10 hari. Selama masa penyimpanan di lemari pendingin, buang bagian buah yang sudah terlalu matang untuk mencegah pembusukan. Anggur juga dapat disimpan dengan cara membekukannya di dalam lemari pendingin dan dapat bertahan hingga 3 bulan.

Jeruk Nipis: Cuci bersih, keringkan dan masukan ke dalam plastik lalu taruh dalam lemari pendingin. Jika ada sisa dari jeruk nipis yang sudah diiris dan ingin disimpan, dapat dilakukan dengan cara memerasnya untuk mendapatkan sari jus-nya dan taruh di wadah cetakan es batu dan bekukan. Sari jus jeruk nipis yang sudah membeku dan berbentuk kotak-kotak es dapat dimasukan ke dalam plastik, bekukan kembali dan dapat bertahan sampai 4 bulan.

Mangga: Buah yang satu ini harus disimpan pada suhu ruang dan dalam wadah yang kering. Jangan pernah menyimpan mangga dalam lemari pendingin. Mangga yang masih mengkal/mentah akan menjadi matang dalam kurun waktu 3 hari jika dibiarkan pada suhu ruang. Ada juga beberapa jenis mangga yang akan menjadi matang lebih dari waktu 3 hari. Begitu mangga sudah matang, buah dapat disimpan dalam lemari pendingin.

Melon: Proses pematangan buah melon memakan waktu kurang lebih 4 hari pada suhu ruang. Buah yang satu ini juga sangat sensitif dengan gas ethylene dan akan lebih cepat matang jika berdekatan dengan buah-buahan yang mengeluarkan gas tersebut seperti pisang dan pears. Hindari menyimpan melon yang masih mentah pada lemari pendingin. Buah melon yang sudah matang dan dalam keaadaan terpotong dapat disimpan dalam lemari pendingin dalam wadah plastik yang tertutup rapat dan dapat bertahan sekitar 3 hari. Biarkan bijinya menempel pada buah melon yang sudah dipotong sampai tiba waktu untuk menyantapnya, hal ini guna memelihara sifat kelembaban dan keempukan buah yang satu ini.

Jeruk: Simpan pada lemari pendingin dan jika ingin menyimpannya untuk lebih lama lagi, sebelumnya masukan jeruk ke dalam kantong plastik.

Nanas: Begitu buah nanas sudah dalam keadaan matang, lapisi buah ini dengan plastik (contohnya dengan plastic wrap) untuk mencegah hilangnya kelembaban dari daging buah nanas yang khas lalu simpan dalam lemari pendingin dan dapat bertahan beberapa hari.

Stroberi: Setelah matang dan dipetik dari pohonnya, proses pematangan buah stroberi akan berhenti. Simpan buah stroberi dalam lemari pendingin di atas wadah plastik yang telah dilapisi dengan tisu dapur, lalu tutup rapat. Buah stroberi yang tidak dibekukan harus segera disantap dalam kurun waktu 48-72 jam. Jangan mencuci buah stroberi sampai waktu menyantapnya tiba, karena hal ini membuat buah stroberi menjadi lembek dan berjamur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Share